fbpx
5 Tips Mengolah Daging Qurban Agar Empuk dan Tidak Bau

5 Tips Mengolah Daging Qurban Agar Empuk dan Tidak Bau

Momen yang tak akan pernah terlewatkan saat merayakan Idul Adha adalah penyembelihan hewan qurban, baik sapi maupun kambing. Idul Adha juga menjadi kesempatan shohibul qurban (orang yang berqurban) untuk bersedekah dengan membagikan daging qurban kepada fakir miskin. Di mana nantinya mereka bisa mengolah daging qurban sesuai kebutuhannya.

Ada yang mengolahnya menjadi masakan nikmat seperti rendang, sate, gulai, dan lain sebagainya. Maka dari itu, seorang shohibul qurban harus memilih hewan qurban dengan cermat agar mendapatkan kualitas daging terbaik sekaligus manfaat berqurban yang sah di sisi Allah SWT.

Namun, jika Anda sebagai penerima daging qurban salah dalam mengolah daging, maka dapat menyebabkan daging bertekstur alot atau bahkan berbau tidak sedap. Itulah sebabnya Anda harus mengikuti tips-tips mengolah daging qurban agar tidak alot dan tidak berbau berikut ini.

1. Jangan Mencuci Daging

Tips pertama ini harus Anda ingat ketika Anda berencana menyimpan daging ke kulkas atau freezer sesaat setelah menerima daging. Pasalnya, daging yang dicuci sebelum disimpan berisiko mengandung bakteri yang lebih banyak. Bisa jadi faktor inilah yang juga membuat daging Anda lebih berbau tidak sedap.

Solusinya, Anda bungkus daging dengan daun pepaya lalu masukkan ke dalam plastik. Selanjutnya tutup plastik dengan rapat agar tidak terkontaminasi bakteri.

2. Jangan Langsung di Masak

Bila Anda berencana mengolah daging qurban di hari yang sama saat menerima daging, maka sebaiknya istirahatkan daging selama beberapa jam. Tujuannya agar otot-otot daging lebih kendur sehingga mengurangi risiko daging alot saat Anda santap.

3. Baluri Daging Dengan Nanas atau Jeruk Nipis

Tips mengolah daging qurban selanjutnya yang tak boleh terlewatkan adalah penggunaan nanas atau jeruk nipis.

Alasannya adalah karena nanas dan jeruk nipis cukup efektif membantu menghilangkan bau prengus pada daging. Bahkan, nanas dipercaya juga dapat mengempukkan daging karena nanas mengandung enzim bromelin yang dapat melunakkan serat-serat daging.

Caranya cukup mudah, Anda bisa potong-potong nanas atau jeruk nipis lalu balurkan ke seluruh permukaan daging. Diamkan selama 15-30 menit untuk mendapatkan hasil maksimal. Setelah 30 menit, cuci bersih daging dan daging siap diolah.

4. Buang Lemak Daging

Biasanya, penyebab daging qurban menjadi bau datang dari lemak daging itu sendiri. Sehingga, Anda bisa membuang bagian lemak sebelum daging disimpan ke dalam kulkas atau freezer. Jika daging akan langsung Anda olah, maka bersihkan daging dari lemak di bawah air kran yang mengalir.

5. Rebus Daging Dengan Didihan Air Rempah

Tips terakhir dalam mengolah daging qurban adalah rebus daging terlebih dahulu dengan air rempah yang mendidih sebelum Anda olah dengan bumbu masakan tertentu.

Anda perlu didihkan air yang dicampur rempah-rempah seperti kayu manis, pala, dan daun jeruk secukupnya. Setelah air rempah mendidih, barulah masukkan daging secara perlahan. Anda bisa gunakan panci biasa atau panci presto untuk hasil daging yang lebih cepat matang dan empuk.

Itulah kelima tips mengolah daging qurban terbaik versi Qurban Online. Anda juga bisa menerapkan tips ini untuk daging hewan aqiqah. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam membuat makanan olahan daging qurban yang nikmat.

Dan bagi Anda yang berencana ikut berqurban wajib ataupun sunnah tapi tidak ingin repot, Anda bisa membeli hewan qurban melalui layanan qurban online kami yang terpercaya, amanah, dan aman. Kami menawarkan banyak kelebihan qurban online dengan prosedur berqurban yang mudah. Dengan begitu, Anda bisa merasakan perbedaan yang signifikan dari berqurban secara online daripada cara konvensional.

Leave A Comment

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Create your account

Chat dengan team kami