fbpx
tata cara wukuf

Tata Cara Wukuf Haji di Padang Arafah, Doa, dan Keutamaannya

Wukuf menjadi salah satu rukun haji yang harus umat muslim kerjakan ketika menunaikan ibadah haji di Baitullah. Oleh sebab itu, umat muslim perlu mengetahui bagaimana tata cara wukuf haji yang benar di padang Arafah.

Wukuf sendiri adalah ritual haji yang harus umat muslim lakukan dengan cara berdiam diri di padang Arafah, mulai dari tergelincirnya matahari pada tanggal 9 Dzulhijjah sampai terbenamnya matahari pada tanggal 10 Dzulhijjah. Biasanya, wukuf haji bisa kita sebut juga sebagai puncak haji.

Saat melakukan wukuf, jamaah haji hendaknya memperbanyak amalan ibadah haji. Contohnya adalah salat, berdoa, serta berzikir.

Tata Cara Wukuf Haji

Ada beberapa tata cara yang harus jamaah haji lakukan saat wukuf. Mulai dengan mendengarkan khutbah wukuf, kemudian salat jama’ taqdim (baik sendirian ataupun berjamaah). Saat wukuf, jamaah juga hendaknya memperbanyak istighfar, doa, dan zikir kepada Allah SWT.

Perlu Anda ketahui bahwa melakukan wukuf dalam keadaan tidak suci dari hadas adalah boleh. Misalnya wanita yang sedang haid saat haji, atau wanita yang sedang nifas.

Tertib Wukuf

Jamaah haji perlu memperhatikan tertib wukuf di padang Arafah, yaitu:

  1. Berdoalah dengan khusyuk. Sebab Arafah merupakan tempat yang mustajab untuk berdoa.
  2. Larangan membunuh binatang dan mengucapkan kata yang tidak baik.
  3. Memperbanyak zikir.
  4. Meminta kepada Allah SWT dengan penuh keridhaan.
  5. Menjaga suasana wukuf agar selalu tertib dan tidak menimbulkan kegaduhan.

Doa Wukuf

Mengutip dari NU Online, jamaah haji yang sedang wukuf hendaknya membaca lafal doa sebagai berikut:

1. Tahmid :

الحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

2. Talbiyah (3 kali) :

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ

3. Takbir dan tahmid (3 kali) :

اللهُ أَكْبَرُ وَللهِ الحَمْدُ ثلاثا

4. Doa agar kemudahan untuk meninggalkan maksiat :

اللَّهُمَّ انْقُلْنِي مِنْ ذُلِّ الْمَعْصِيَةِ إلَى عِزِّ الطَّاعَةِ وَاكْفِنِي بِحَلَالِك عَنْ حَرَامِك وَأَغْنِنِي بِفَضْلِك عَمَّنْ سِوَاكَ وَنَوِّرْ قَلْبِي وَقَبْرِي وَأَعِذْنِي مِنْ الشَّرِّ كُلِّهِ، وَاجْمَعْ لِي الْخَيْرَ إنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى

5. Bacaan doa untuk mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat :

اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

6. Doa dan pengakuan dosa :

اللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْمًا كَثِيْرًا كَبِيْرًا وَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ وَارْحَمْنِي إِنَّكَ أَنْتَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

7. Bacaan doa istiqomah dalam tobat :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً تَصْلُحُ بِهَا شَأْنِي فِي الدَّارَيْنِ وَارْحَمْنِي رَحْمَةً وَاسِعَةً أَسْعَدُ بِهَا فِي الدَّارَيْنِ وَتُبْ عَلَيَّ تَوْبَةً نَصُوْحًا لَا أَنْكُثُهَا أَبَدًا وَأَلْزِمْنِي سَبِيْلَ الاِسْتِقَامَةِ لَا أَزِيْغُ عَنْهَا أَبَدًا 

Keutamaan Wukuf

Melansir dari NU Online, wukuf di Arafah menjadi puncak dalam ibadah haji.  Ini menjadi gambaran ketika manusia bangkit dari kematian pada hari kiamat nanti.

Ketika telah sampai di Arafah tanggal 9 Dzulhijjah maka semua dosa akan diampuni. Pengampunan seperti ini layaknya bayi yang baru lahir. Sebab, keutamaan dan hikmah ibadah haji adalah mendapatkan balasan surga, hingga ampunan dari dosa-dosanya. Terutama apabila umat muslim menjadi haji yang mabrur ketika pulang dari ibadah haji.

Leave A Comment

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Create your account

Chat dengan team kami