fbpx
Pengertian dan Syarat Shohibul Qurban Idul Adha 2022

Pengertian dan Syarat Shohibul Qurban Idul Adha 2022

Setiap tahun, Idul Adha atau hari raya qurban menjadi momen yang penuh berkah. Sebab, shohibul qurban atau orang yang berqurban bisa membagikan sebagian daging qurban kepada pihak yang membutuhkan. Namun, tidak semua orang boleh menjadi shohibul qurban karena ada beberapa ketentuan atau syarat yang mendasarinya.

Bukan tanpa alasan, hal ini dipengaruhi oleh sabda Rasulullah bahwa berqurban adalah salah satu ibadah yang paling Allah SWT cintai. Sebagaimana yang telah diriwayatkan pada hadits berikut.

“Tidaklah anak Adam beramal di hari Nahr yang paling dicintai Allah melebihi menumpahkan darah (berqurban). Qurban itu akan datang di hari Kiamat dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah akan cepat sampai di suatu tempat sebelum darah tersebut menetes ke bumi. Maka perbaikilah jiwa dengan berqurban”. (HR. At-Tirmidzi)

Berdasarkan hadits tersebut, terlihat bahwa Allah SWT mencintai umat-Nya yang senantiasa berqurban karena itu merupakan simbol pengorbanan sebagai hamba-Nya. Dengan begitu, qurban menjadi bentuk ibadah sebaik-baiknya di mata Allah SWT dan qurban memiliki banyak manfaat untuk kehidupan dunia dan akhirat umat Muslim.

Melalui artikel ini, Anda akan mengetahui definisi sebenarnya dari shohibul qurban dan apa syarat dasar untuk bisa menjadi shohibul qurban yang sah.

Pengertian Shohibul Qurban

Melansir dari Baznas, shohibul qurban atau mudhohi adalah seseorang atau sekelompok orang yang berniat dan melaksanakan qurban. Dengan kata lain, merekalah orang-orang yang menghibahkan hewan ternak untuk menjadi qurban. Di mana selanjutnya ikhlas memberikan sebagian hasil qurban kepada golongan penerima daging qurban, yaitu fakir miskin.

Sesuai dengan fakta bahwa hukum berqurban adalah sunnah muakaddah, tidak semua orang diharuskan untuk melakukan qurban. Baik itu melaksanakan qurban secara langsung atau konvensional maupun qurban online.

Namun, qurban sunnah bisa menjadi sangat dianjurkan bagi orang-orang yang masuk kriteria mudhohi sah. Salah satu syarat atau kriteria mudhohi yang familiar terdengar di tengah para Muslim adalah mereka yang mampu dari segi ekonomi atau memiliki harta cukup.

Syarat Shohibul Qurban

Selain itu, ada beberapa ketentuan atau syarat lain untuk menjadi shohibul qurban yang sah menurut ajaran Nabi Muhammad SAW. Berikut ini penjelasannya.

  1. Berstatus muslim atau muslimah yang merdeka atau terbebas dari perbudakan.
  2. Berakal sehat dan baik sehingga bisa paham terkait ketentuan pembagian daging qurban nantinya.
  3. Telah memasuki usia aqil baligh, baik bagi muslim dan muslimah. Tanda seseorang telah baligh adalah:
    – Bagi perempuan, ia sudah mengalami menstruasi atau haid.
    – Bagi laki-laki, ia sudah pernah keluar mani. Baik saat terjaga atau saat mimpi.
    – Anak perempuan yang belum menstruasi dan laki-laki yang belum keluar mani padahal sudah berusia 15 tahun.
  4. Jika orang yang berqurban adalah anak yang belum baligh, maka tidak harus melakukan penyembelihan. Namun, wali sahnya-lah yang berqurban atas nama anak tersebut.
  5. Mampu memenuhi kebutuhan tambahan diri sendiri dan keluarga setelah kebutuhan pokok terpenuhi. Khususnya pada saat hari raya Idul Adha.

Syarat-syarat di atas berlaku bagi Anda yang melakukan qurban online daripada qurban konvensional atau melihat prosesi qurban secara langsung. Apalagi, semenjak pandemi COVID-19, MUI berfatwa bahwa hukum qurban online adalah sah di mata agama dan hukum.

Tertarik untuk mencoba qurban online?

Anda bisa menggunakan layanan Qurban Online yang bekerja sama dengan LazisQu untuk memperoleh banyak keuntungan atau kelebihan berqurban online yang amanah dan aman. Sebab, tata cara qurban online kami sangatlah mudah, jelas, dan transparan. Mulai dari pemilihan hewan qurban, monitoring pesanan, hingga pendistribusian hasil qurban ke pihak penerima yang tepat sasaran.

Selain itu, kami juga menyediakan variasi paket qurban yang menarik dengan harga pasar yang wajar. Mari berqurban dengan layanan yang terpercaya, amanah, dan aman.

Leave A Comment

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Create your account

Chat dengan team kami