fbpx
Qurban Sapi Atau Kambing, Mana yang Lebih Baik?

Qurban Sapi Atau Kambing, Mana yang Lebih Baik?

Idul Adha 1443 atau hari raya qurban 2022 akan segera tiba, insha Allah pada tanggal 9 Juli 2022. Bagi kalangan yang mampu dari segi ekonomi, hukum berqurban adalah sunnah muakaddah karena ada banyak manfaat qurban yang bisa mereka dapatkan. Bila Anda termasuk golongan tersebut, apakah Anda sudah menentukan untuk qurban sapi atau kambing?

Pada hakikatnya, umat Islam yang berqurban (shohibul qurban), baik itu qurban sunnah atau qurban wajib, diberikan hak untuk memilih hewan qurban di mana terbagi ke dalam tiga jenis. Yaitu unta, sapi atau kerbau, dan kambing atau domba. Namun karena faktor alam dan populasi, masyarakat Indonesia lebih familiar untuk mengurbankan sapi atau kambing.

Walaupun pilihannya sudah lebih mengerucut pada dua jenis, tak sedikit kaum muslimin kebingungan untuk memilih antara qurban sapi atau kambing. Bahkan, bila membahas lebih dalam lagi, jenis hewan mana yang paling afdol atau paling utama untuk diqurbankan.

Qurban Sapi atau Kambing, Mana yang Lebih Baik?

Secara garis besar, ketiga jenis hewan di atas sah dan sama-sama baik untuk Anda jadikan qurban. Baik ketika berqurban online arau qurban konvensional (langsung). Tetapi, terdapat perbedaan ketentuan dalam jatah koletifitasnya.

Maksudnya, qurban kambing hanya boleh diatasnamakan satu orang. Sedangkan qurban sapi diatasnamakan orang lain sebanyak tujuh, baik itu hasil patungan qurban atau bukan.

Dalam kebanyakan kasus, qurban sapi dilakukan dengan patungan karena masalah keuangan. Namun, tidak menutup kemungkinan seseorang bisa mengurbankan seekor sapi untuk dirinya sendiri atau bersama keluarga yang tidak diwajibkan ikut patungan qurban.

Lalu, jawaban untuk poin utama pada artikel ini, yaitu lebih baik qurban sapi atau kambing, cukup bervariasi.

Pertama, dari sudut pandang kuantitas daging dan kesanggupan shohibul qurban untuk berqurban, maka lebih baik ia membeli hewan qurban sapi. Namun, jika sapi sedang langka atau karena faktor lainnya, maka ia boleh memilih berqurban dengan kambing.

Selain itu, banyak pula ulama yang berpendapat bahwa urutan qurban terbaik adalah unta, sapi, kambing, unta untuk tujuh orang, dan terakhir sapi untuk tujuh orang. Hal ini berdasarkan biaya pengadaan perseorangan, bukan patungan.

Sebagaimana seperti salah satu hadits tentang keutamaan orang yang datang Sholat Jumat ke masjid. Di mana disebutkan bahwa orang yang datang lebih awal pahalanya setara berqurban unta. Lalu orang yang datang setelahnya akan mendapat pahala berqurban sapi dan begitu seterusnya.

مَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْأُولَى فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كَبْشًا أَقْرَنَ وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ دَجَاجَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً

Artinya:

“Barangsiapa yang berangkat (shalat jum’at) pada jam pertama, maka seakan-akan dia mengurbankan unta; Barangsiapa yang berangkat pada jam ke-2, maka seakan-akan dia berqurban dengan sapi; Lalu barangsiapa yang berangkat pada jam ke-3, maka seakan-akan dia berqurban dengan kambing jantan; Barangsiapa yang berangkat pada jam ke-4, maka seakan-akan dia berqurban dengan ayam; Barangsiapa yang berangkat pada jam ke-5, maka seakan-akan dia berqurban dengan telur.” (HR. Bukhari & Muslim)

Kedua, dari sudut pandang Quran, hadits, dan pandangan ulama, utamanya qurban kambing perseorangan lebih baik daripada qurban patungan sapi. Pernyataan ini berlandaskan pada kisah Rasulullah pada hadits riwayat At-Tirmidzi yang lebih memilih berqurban kambing (lebih dari satu ekor). Di mana satu kambing untuk beliau beserta keluarganya dan satu lagi untuk umat Allah SWT.

Selain itu, melansir dari laman Muslim, seorang ulama bernama Ibnu Qudamah mengatakan bahwasanya:

والشاة أفضل من شِرْكٌ (أي : الاشتراك) في بدنة ; لأن إراقة الدم مقصودة في الأضحية

Artinya:

Berqurban dengan kambing lebih baik daripada unta berserikat tujuh orang, karena menumpahkan darah hewan dalah tujuan dari qurban.” (Al-Mughni 13/366)

Kesimpulan

Sehingga, dapat kita simpulkan bahwa bila Anda memiliki kemampuan finansial lebih, maka utamakan berqurban dengan sapi.

Tapi, bukan berarti qurban kambing tidaklah baik karena berqurban kambing perseorangan punya banyak keutamaan. Yakni pahala dan keberkahan dari setiap tetesan darah saat penyembelihan hewan qurban tidak dibagi dengan shohibul qurban lainnya. Sehingga kualitas ibadah qurban lebih baik.

Apalagi dalam berqurban, tujuan utamanya bukanlah berlomba-lomba membagi bagian daging kepada penerima qurban, tetapi untuk lebih dekat dan selalu bertaqwa kepada Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran surah Al-Hajj ayat 37 yang berbunyi:

لَنْ يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَاؤُهَا وَلَكِنْ يَنَالُهُ التَّقْوَى مِنْكُمْ

Artinya:

“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.”

Demikian informasi yang bisa Qurban Online sampaikan agar bisa menjadi pertimbangan Anda dalam qurban sapi atau kambing. Bila tahun ini berencana berqurban, percayakan layanan qurban online kami yang punya banyak kelebihan dan keuntungan. Tata cara qurban secara online kami telah sesuai dengan syariat Islam dan terjamin aman.

Leave A Comment

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Create your account

Chat dengan team kami