fbpx
manfaat syukuran sesudah haji

Apa Manfaat Syukuran Sesudah Pulang Haji?

Selain mengadakan walimatussafar haji atau selamatan sebelum berangkat haji, melakukan syukuran sesudah haji juga menjadi tradisi yang lekat di Tanah Air. Selayaknya syukuran haji pada umumnya, acara ini biasanya juga berisi pembacaan doa dan berbagi makan dengan sanak keluarga serta tetangga.

Tujuan dari adanya syukuran ini adalah sebagai bentuk rasa syukur atas keselamatan dan kelancaran selama menunaikan ibadah haji di Tanah Suci. Selain itu, momen ini juga menjadi saat di mana jamaah haji membagikan oleh-oleh sebagaimana sunnah pulang haji yang Rasulullah SAW anjurkan.

Dalam agama Islam, selamatan menyambut jamaah haji yang baru pulang ini biasanya kita sebut dengan istilah “naqi’ah”. Istilah ini berasal dari naqa’ yang artinya debu, penyembelihan, atau pemotongan. Jadi, naqi’ah dapat kita artikan sebagai kegiatan menghidangkan makanan dalam suatu acara penyambutan.

Sehingga, jamaah haji yang baru saja pulang atau keluarganya disunnahkan untuk berbagi makanan dengan tetangga dan kaum dhuafa. Hal ini berdasarkan kutipan Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami dalam Hasyiyah Ibnu Hajar alal Idhah:

فرع) يسن لنحو أهل القادم أن يصنع له ما تيسر من طعام ويسن له نفسه إطعام الطعام عند قدومه للاتباع فيهما وكلاهما كما يفيده كلام الفراء وابن سيده سمي نقيعة بفتح النون وكسر القاف وفتح العين المهملة

Yang berarti :  “Keluarga jamaah haji dianjurkan membuatkan bagi jamaah haji yang pulang makanan yang mudah pengolahannya. Jamaah haji sendiri juga dianjurkan untuk berbagi makanan ketika pulang dari perjalanan haji berdasarkan sunnah perihal keduanya.

Lantas, apa saja manfaat mengadakan syukuran sepulang haji?

Manfaat Syukuran Sesudah Haji

Melansir dari NU Online, pada dasarnya haji yang baru pulang dan keluarganya tidak perlu memaksakan diri mengadakan acara penyambutan yang mewah. Cukup hanya menghidangkan makanan selayaknya selamatan sederhana saja.

Bahkan dalam agama Islam, Allah SWT melarang hamba-Nya untuk bersikap berlebihan. Ini sesuai dengan Firman Allah SWT dalam QS Al-An’am ayat 141 yang berbunyi:

“Janganlah kalian bersikap berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak mencintai orang yang boros.” (QS. Al-An’am: 141).

Sebab pada dasarnya, acara syukuran ini bertujuan untuk mewujudkan rasa syukur atas kelancaran selama berhaji, yang merupakan ibadah dengan nilai tertinggi. Mulai kelancaran selama perjalanan ke Tanah Suci, hingga melakukan semua amalan, sunnah, rukun dan wajib haji.

Dari penjelasan tersebut, dapat kita simpulkan bahwa mengadakan syukuran sesudah haji hukumnya adalah sunnah. Ini karena acara syukuran dapat memberikan sejumlah manfaat seperti:

  • Sebagai wujud rasa syukur atas keselamatan dan kelancaran selama melakukan ibadah haji
  • Menjadi sarana berbagi kegembiraan kepada sesama umat muslim
  • Mengamalkan sunnah pulang haji

Selain itu, mengadakan acara syukuran ini juga sekaligus menjadi salah satu upaya untuk menjadi haji yang mabrur. Sebab sebagaimana kita ketahui, haji mabrur adalah ketika jamaah haji dapat menjadi pribadi yang lebih baik serta memberikan banyak manfaat dan kebaikan ketika kembali dari Tanah Suci.

Leave A Comment

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Create your account

Chat dengan team kami