fbpx
manfaat berqurban

5 Manfaat Berqurban Bagi Umat Muslim

Setiap tahun, umat Muslim dari seluruh penjuru dunia merayakan hari raya Idul Fitri dan Idul Adha sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. Jika Idul Fitri adalah bentuk hari kemenangan umat Muslim setelah sebulan berpuasa, maka beda halnya dengan Idul Adha yang juga dikenal sebagai hari raya qurban yang merupakan momen berbagi kepada sesama manusia. Oleh karena itu, ada banyak sekali keutamaan atau manfaat berqurban, baik bagi diri Anda sendiri maupun orang lain.

Pernyataan tersebut sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al-Quran surat Al-Hajj ayat 34 yang memiliki arti:

Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), agar mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).”

Menurut para ulama berdasarkan hadits riwayat Nabi SAW yang dilansir pada AmalQurban, ibadah berqurban hukumnya sunnah muakkadah atau sunnah yang dianjurkan bagi orang yang mampu. Dengan begitu, orang-orang tersebut dapat membagikan kebahagiaan berupa daging hewan qurban kepada orang yang kurang mampu secara finansial atau fakir miskin.

Lantas, apa saja manfaat berqurban bagi umat Muslim (yang mampu)? Berikut ini penjelasannya.

1. Bentuk Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Secara teori, kata qurban merupakan kata serapan dari bahasa Arab qariba, yaqrabu, qurban, qurbanan wa qirbanan yang artinya dekat atau mendekatkan. Sehingga secara harfiah, qurban adalah salah satu ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan menyembelih hewan qurban (domba, kambing, unta, sapi, atau kerbau).

Sesuai dengan yang tercantum dalam Al-Quran surah Al-Maidah ayat 27 yang memiliki arti: “Sesungguhnya Allah hanya menerima (qurban) dari orang-orang yang bertakwa“.

2. Ungkapan Rasa Syukur Kepada Allah SWT

Segala bentuk rezeki datang atas seizin Allah SWT, dan sebagai bentuk taqwa kepada-Nya, Anda haruslah bersyukur. Salah satu cara terbaik untuk mengekspresikan rasa syukur tersebut adalah dengan berqurban. Sebab, dalam setiap rezeki yang Anda dapatkan, di situ terdapat hak saudara umat manusia yang kurang mampu.

Selayaknya yang Allah SWT riwayatkan pada Al-Quran surah Al-Kautsar ayat 1-3 yang memiliki arti:

Sesungguhnya Kami telah memberimu nikmat yang banyak, maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu, dan berqurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.”

Berdasarkan surah tersebut, dapat diperoleh makna bersyukur atas nikmat rezeki sehingga membawa Anda kepada kebajikan (dengan berqurban) dan mendapatkan pahala.

3. Manfaat Berqurban Sebagai Penebus Dosa

Berdasarkan hadits riwayat Al Bazaar dan Ibnu Hibban, manfaat berqurban bagi umat Muslim yang mampu adalah sebagai perantara penebus dosa. Hal tersebut berkaitan dengan sejarah qurban dari kisah Nabi Ibrahim AS yang diperintahkan oleh Allah untuk mengurbankan putranya, Ismail. Begini bunyi haditsnya:

Hai Fatimah, berdirilah di sisi kurbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya tetesan darahnya yang pertama itu adalah pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu.” (HR. Al Bazaar dan Ibnu Hibban).

4. Bukti Amal di Hadapan Allah SWT

Berqurban dengan rasa ikhlas juga akan menjadi bukti di hari akhir nanti bahwa Anda mengamalkan ajaran baik Allah SWT. Sebab, dengan berqurban, Anda akan mendapatkan ganjaran yang besar sebagaimana yang hadits sahih Ahmad dan Ibnu Majah riwayatkan berikut: “Pada setiap lembar bulu hewan qurban itu kita memperoleh satu kebaikan.” (HR Ahmad dan Ibnu Majah).

Dan juga sesuai dengan HR. Ibnu Majah berikut.

Tidak ada amalan yang anak Adam kerjakan ketika hari raya qurban yang lebih Allah cintai dari mengalirkan darah. Sesungguhnya pada hari kiamat ia akan datang dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya dan bulunya. Sesungguhnya darah tersebut akan sampai kepada Allah sebelum jatuh ke tanah, maka perbaguslah jiwa kalian dengannya.” (HR. Ibnu Majah).

5. Mensejahterakan Peternakan Lokal

Selain untuk mendapat hikmah taqwa kepada Allah SWT, manfaat berqurban adalah dapat membantu usaha peternakan lokal karena Anda membeli hewan ternak mereka. Dengan demikian, Anda juga telah membahagiakan pemilik ternak walaupun Anda tidak secara langsung memberikan daging qurban kepada mereka.

Bagi Anda yang sedang berencana membeli hewan ternak untuk diqurbankan saat Idul Adha, Anda bisa menggunakan jasa qurban online kami untuk mendapatkan hewan qurban yang sehat dan bergaransi. Anda bisa langsung datang ke kandang kami atau memesan dan memantau hewan qurban secara online.

Leave A Comment

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Create your account

Chat dengan team kami