fbpx
keutamaan 10 hari pertama bulan dzulhijjah

Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Al-Quran dan Hadis telah mencantumkan perihal keutamaan bulan Dzulhijjah. Terutama 10 hari pertama bulan Dzulhijjah yang menjadi ladang pahala bagi umat muslim yang menjalankan amalan di bulan Dzulhijjah.

Berdasarkan Hadis riwayat Al-Bukhari, Nabi Muhammad SAW bersabda :

روى البخاري رحمه الله عن ابن عباس رضي الله عنهما أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأيام – يعني أيام العشر قالوا : يا رسول الله ولا الجهاد في سبيل الله ؟ قال ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجل خرج بنفسه وماله ثم لم يرجع من ذلك بشيء

“Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu : Sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah.

Mereka bertanya : Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah?. Beliau menjawab : Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun“.

Lalu, amalan apa saja yang disunnahkan untuk umat muslim lakukan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah ini?

1. Melaksanakan Ibadah Haji dan Umrah

Yang pertama adalah melaksanakan ibadah haji dan umrah bagi umat muslim yang mampu. Terdapat berbagai hadis shahih yang menunjukkan keutamaannya. Tak terkecuali sabda Nabi Muhammad SAW:

العمرة إلى العمرة كفارة لما بينهما والحج المبرور ليس له جزاء إلا الجنة

“Dari umrah ke umrah adalah tebusan (dosa-dosa yang dikerjakan) di antara keduanya, dan haji yang mabrur balasannya tiada lain adalah Surga“.

Kendati begitu, ibadah haji dan umrah adalah dua amalan yang berbeda. Pada dasarnya, haji menjadi bagian dari rukun Islam. Artinya, hukumnya wajib bagi muslim yang mampu dan memenuhi syarat haji. Dalam melaksanakan ibadah haji pun, terdapat rukun dan wajib haji yang harus umat muslim perhatikan, begitu pula dengan berbagai larangan haji.

Ibadah haji hanya bisa umat muslim lakukan pada bulan Dzulhijjah. Sedangkan ibadah umrah pada dasarnya bisa dilakukan kapan pun. Namun, tak ada salahnya apabila umat muslim ingin menunaikan umrah di bulan Dzulhijjah yang penuh dengan keberkahan.

2. Menjalankan Puasa, Terutama Pada Hari Arafah

Yang kedua adalah menjalankan ibadah puasa pada hari-hari tertentu. Misalnya puasa Tarwiyah, atau puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah. Hadis qudsi menyebutkan di antara keutamaan puasa Dzulhijjah adalah:

الصوم لي وأنا أجزي به ، انه ترك شهوته وطعامه وشرابه من أجلي

“Puasa ini adalah untuk-Ku, dan Aku lah yang akan membalasnya. Sungguh dia telah meninggalkan syahwat, makanan dan minumannya semata-mata karena Aku“.

Nabi Muhammad SAW bersabda :

ما من عبد يصوم يوماً في سبيل الله ، إلا باعد الله بذلك اليوم وجهه عن النار سبعين خريف

“Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah melainkan Allah pasti menjauhkan dirinya dengan puasanya itu dari api neraka selama tujuh puluh tahun“. 

Di antara berbagai macam keutamaan dan manfaat puasa Arafah adalah dapat menghapus dosa hingga memberikan keberkahan usia. Sehingga alangkah baiknya apabila umat muslim mengerjakan amalan puasa ini.

3. Memperbanyak Takbir dan Dzikir

Amalan selanjutnya adalah memperbanyak takbir dan dzikir di bulan Dzulhijjah. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam QS Al-Hajj:

وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ

“…. dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari-hari yang telah ditentukan (10 hari pertama bulan Dzulhijjah)…”

4. Membaca Al-Quran

Selain takbir dan dzikir, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda agar umatnya turut memperbanyak membaca Al-Quran di bulan Dzulhijjah:

القرآن أفضل الذكر

Al Qur’an adalah sebaik-baiknya dzikir.” (HR. Ibnu Khuzaimah, Shahih)

Oleh karena itulah umat Islam juga disarankan untuk memperbanyak bacaan Al-Quran selama 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Maka rahmat Allah SWT akan senantiasa mengiringi langkah umatnya yang bersungguh-sungguh.

5. Berkurban Pada Hari Raya Qurban dan Hari-Hari Tasyriq

Amalan selanjutnya adalah menjalankan ibadah qurban bagi umat muslim yang mampu. Pada dasarnya, hukum qurban adalah sunnah muakkad. Artinya, ibadah ini menjadi anjuran bagi umat muslim yang mampu (masuk dalam golongan mampu berqurban).

Al-Quran dan Hadis telah menjelaskan bahwa ada banyak sekali manfaat qurban yang bisa shohibul qurban dapatkan. Selain memperoleh pahala dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, qurban juga menjadi salah satu ibadah yang dapat membersihkan harta, menjadi bentuk rasa syukur, serta sebagai sarana berbagi kepada sesama.

Maksud dari berbagi tersebut adalah mendistribusikan atau membagikan daging qurban kepada golongan penerima qurban. Terutama fakir miskin yang memiliki hak penuh atas daging qurban.

6. Melaksanakan Salat Idul Adha

Amalan bulan Dzulhijjah selanjutnya adalah pelaksanaan salat Idul Adha. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran surah Al-Kautsar ayat 2 yang berbunyi:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَٱنْحَرْ

Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berqurbanlah.

Demikian adalah keutamaan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah beserta amalan-amalan yang disunnahkan untuk umat muslim lakukan. Mulai dari menunaikan haji dan umrah, memperbanyak takbir dan dzikir, membaca Al-Qurban, melaksanakan salat Idul Adha, hingga berqurban bagi umat muslim yang mampu.

Leave A Comment

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Create your account

Chat dengan team kami