fbpx
hukum patungan qurban

Hukum Melakukan Patungan Qurban Menurut Islam

Hari Raya Idul Adha menjadi salah satu momen di mana umat muslim yang mampu akan dianjurkan untuk berqurban. Hukum qurban sendiri adalah sunnah, namun para ulama sangat menganjurkan umat muslim yang mampu dan berkecukupan untuk melaksanakan ibadah qurban. Lantas, bagaimana hukum patungan qurban menurut Islam?

Sebagaimana yang kita ketahui, terkadang ada umat muslim yang ingin berqurban namun tidak memiliki cukup dana untuk membeli hewan qurban. Sehingga, tak jarang mereka akan mengumpulkan dana atau patungan untuk membeli satu hewan qurban.

Misalnya membeli seekor sapi, yang harganya cenderung cukup mahal bagi sebagian orang. Sehingga kebanyakan orang memutuskan untuk melakukan patungan agar dapat membelinya.

Mengutip dari NU Online, pada dasarnya berqurban memang tidak harus sendiri, tetapi boleh patungan. Namun, ada sejumlah syarat dan ketentuan yang perlu Anda perhatikan agar ibadah qurban tersebut tetap sah. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Hukum Patungan Qurban Menurut Islam

Sebagaimana uraian di atas, sebenarnya patungan qurban adalah hal yang boleh dan sah. Hal ini sesuai dengan tulisan Ibnu Qudamah dalam kitab Al-Mughni yang mengatakan bahwa mayoritas ulama memperbolehkan patungan qurban.

Namun, syaratnya hewan qurban tersebut memenuhi jumlah maksimal orang yang patungan. Misalnya membeli sapi sebagai hewan qurban. Pada dasarnya satu ekor sapi boleh diatasnamakan 7 orang. Sehingga apabila ada 7 orang yang mengumpulkan dana (patungan) untuk membeli sapi tersebut, maka ibadah qurban tetap sah.

Ibnu Qudamah menuliskan:

 وتجزئ البدنة عن سبعة وكذلك البقرة وهذا قول أكثر أهل العلم

Yang artinya: “Qurban satu ekor unta ataupun sapi atas nama tujuh orang diperbolehkan oleh mayoritas ulama.

Selain tulisan Ibnu Qudamah dalam kitab Al-Mughni, hukum patungan qurban ini juga sesuai dengan Hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Al-Hakim.

Sebagaimana tercatat dalam Al-Mustadrak karya Al-Hakim, Ibnu Abbas mengisahkan:

 كنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم في سفر فحضر النحر فاشتركنا في البقرة عن سبعة

Yang artinya: “Kami pernah bepergian bersama Rasulullah SAW, kebetulan di tengah perjalanan Hari Raya Idul Adha (yaumun nahr) datang. Akhirnya, kami patungan membeli sapi sebanyak tujuh orang untuk diqurbankan.”

Sementara itu, An-Nawawi dalam kitab Al-Majmu’ juga mengatakan bahwa patungan qurban sapi atau unta sebanyak tujuh orang adalah sah, baik patungan dari keluarga maupun orang lain.

يجوز أن يشترك سبعة في بدنة أو بقرة للتضحية سواء كانوا كلهم أهل بيت واحد أو متفرقين

Yang artinya: “Boleh patungan sebanyak tujuh orang untuk qurban unta atau sapi, baik keseluruhannya bagian dari keluarga maupun orang lain.

Kesimpulan

Dari berbagai pendapat serta Hadis Nabi Muhammad SAW di atas, dapat kita simpulkan bahwa patungan untuk membeli hewan qurban seperti sapi atau unta adalah sah. Dengan syarat bahwa jumlah orang yang melakukan patungan tidak lebih dari tujuh orang.

Namun, apabila ada lebih dari tujuh orang yang melakukan patungan untuk membelinya, maka hal tersebut menjadi  tidak sah. Sebab, semua kurban yang tidak terpenuhi syaratnya akan dianggap sebagai sedekah.

Selain itu, perlu Anda ingat bahwa syarat ini khusus untuk hewan qurban sapi atau unta saja. Artinya, patungan untuk qurban kambing atau domba tidaklah sah, karena hanya boleh untuk satu orang. Syarat patungan qurban ini berlaku baik bagi Anda yang melaksanakan qurban secara langsung maupun qurban online.

Di sisi lain, keutamaan dan anjuran berqurban memang telah tertuang dalam Al-Quran dan Hadis. Sebab ada banyak sekali manfaat berqurban yang bisa Anda dapatkan.

Mulai dari mendekatkan diri kepada Allah SWT, sebagai bentuk rasa syukur, hingga sebagai sarana untuk berbagi kepada sesama (terutama golongan penerima qurban). Sehingga, wajar apabila banyak umat muslim yang ingin berqurban (menjadi shohibul qurban) meskipun harus patungan.

Selain memenuhi syarat patungan qurban, perhatikan pula tata cara berqurban berdasarkan syariat Islam agar ibadah Anda tetap sah. Mulai dari proses memilih hewan qurban, penyembelihan hewan qurban, hingga ketentuan pembagian atau pendistribusian daging qurban.

Untuk melancarkan ibadah qurban Anda, layanan Qurban Online siap membantu untuk memudahkan setiap prosesnya. Ada banyak kelebihan qurban online yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari kemudahan proses pemilihan hewan sampai pendistribusian daging qurban, hingga garansi penggantian hewan qurban yang mati atau sakit sebelum penyembelihan.

Leave A Comment

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Create your account

Chat dengan team kami