fbpx
memberikan pahala qurban untuk orang lain

Bagaimana Hukum Memberikan Pahala Qurban untuk Orang Lain?

Salah satu pertanyaan yang kerap muncul dalam pelaksanaan ibadah qurban adalah tentang hukum memberikan pahala qurban pada orang lain. Terkait hal ini, banyak yang menganggap bahwa menghadiahkan pahala ibadah qurban pada orang lain sama artinya dengan melakukan patungan qurban. Lantas, bagaimana penjelasannya menurut syariat Islam?

Hukum Memberikan Pahala Qurban pada Orang Lain

Melansir dari NU Online, sejatinya menghadiahkan pahala qurban untuk orang lain berbeda dengan qurban secara kolektif atau patungan. Sebab, patungan qurban berarti status shohibul qurban (orang yang berqurban) atau mudlahhinya adalah semua orang yang melakukan patungan untuk membeli hewan qurban.

Sedangkan saat Anda menghadiahkan pahala qurban, maka status mudlahhi hanya bagi orang yang mengeluarkan dana. Sementara orang lain yang diikutsertakan dalam pahala qurban tersebut tidak termasuk dalam status mudlahhi.

Sehingga artinya, tidak ada batasan jumlah orang yang bisa Anda sertakan dalam pahala ibadah qurban. Misalnya ada seseorang yang berqurban seekor kambing dan menghadiahkan pahala qurbannya untuk empat anggota keluarganya.

Para ulama menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah berdoa untuk menghadiahkan pahala bagi umatnya saat berqurban. “Ya Allah qurban ini untuk Muhammad dan umat Muhammad”

Maksud dari doa tersebut adalah menghadiahkan pahala qurban untuk orang lain, namun bukan mengikutsertakan mereka dalam status pengqurban atau mudlahhi.

Selain itu, kitab Al-Tuhfah menyebutkan:

(و) تجزئ (الشاة) الضائنة والماعزة (عن واحد) فقط اتفاقا لا عن أكثر بل لو ذبحا عنهما شاتين مشاعتين بينهما لم يجز؛ لأن كلا لم يذبح شاة كاملة وخبر اللهم هذا عن محمد وأمة محمد محمول على التشريك في الثواب وهو جائز ومن ثم قالوا له أن يشرك غيره في ثواب أضحيته وظاهره حصول الثواب لمن أشركه وهو ظاهر إن كان ميتا قياسا على التصدق عنه

“Dan kambing domba dan kambing kacang cukup untuk satu orang saja sesuai kesepakatan ulama, tidak untuk lebih dari satu, bahkan apabila ada dua orang yang berqurban dengan dua kambing dengan kepemilikan bersama untuk mereka berdua, maka tidak boleh, karena setiap individu di antara mereka berdua tidak menyembelih satu kambing secara sempurna.

Adapun hadis “Ya Allah qurban ini untuk Muhammad dan umat Muhammad” mengacu kepada mengikutsertakan orang lain dalam pahala qurban, dan hal tersebut boleh. Oleh karenanya para ulama berkata “Bagi orang yang berqurban boleh untuk mengikutsertakan orang lain dalam pahala qurbannya”. (Syekh Ibnu Hajar al-Haitami, Tuhfah al-Muhtaj, juz 12, hal. 255)

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa memberikan pahala qurban untuk orang lain adalah boleh. Pahala juga bisa sampai kepada orang tersebut.

Kendati begitu, ada hal yang perlu Anda garis bawahi. Dalam pandangan fiqih Syafi’iyyah, menghadiahkan pahala qurban terbagi menjadi dua bagian. Pertama, menghadiahkan pahala qurban untuk orang mati. Sedangkan yang kedua adalah menghadiahkan pahala qurban untuk orang hidup.

Sebagian ulama memang mengatakan bahwa hukum menghadiahkan pahala adalah sah bagi orang hidup maupun mati. Namun, sebagian ulama membatasi hanya boleh untuk orang yang telah wafat saja dan menghitungnya sebagai sedekah untuk orang yang meninggal.

Di sisi lain, berqurban memang menjadi salah satu ibadah yang dianjurkan dalam Al-Quran dan Hadis. Terutama bagi umat muslim yang mampu. Selain sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, manfaat berqurban lainnya adalah untuk berbagi kepada sesama.

Saat berqurban, penuhilah syarat dan tata cara qurban berdasarkan syariat Islam. Mulai memilih dan membeli hewan qurban yang berkualitas, proses penyembelihan hewan sesuai syariat, hingga pengolahan dan ketentuan pembagian daging qurban.

Agar memudahkan ibadah qurban Anda, layanan Qurban Online siap membantu dan memberikan banyak kelebihan serta keuntungan.

Antara lain tersedianya hewan qurban yang sesuai dengan ketentuan dan hukum qurban, garansi penggantian hewan qurban yang mati atau sakit, pengolahan daging qurban dengan standar LIPI, hingga proses pendistribusian kepada golongan penerima qurban secara merata melalui LazisQu.

Leave A Comment

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Create your account

Chat dengan team kami